Lowongan Kerja Kaltim Samarinda - Balikpapan

LOWONGAN KERJA

Monday, November 5, 2007

Profil Jerry Hermawan LO

KabarIndonesia - Demi meningkatkan taraf hidup nelayan kecil di Ambon, Maluku, pendiri sekaligus ketua umum Forum Persaudaraan Anak Bangsa (FPAB), Jerry Hermawan Lo rela bolak-balik Jakarta-Ambon setiap bulan. Bahkan jika waktunya lebih senggang, Jerry yang juga ketua umum Majelis Tao Indonesia ini memilih bertahan lama di Ambon ketimbang cepat kembali ke Jakarta.

"FPAB sedang menangani proyek eksplorasi hasil laut, khususnya penangkapan ikan kerapu dan lobster di perairan Papua. Konsekuensinya yah, saya jadi sangat sering ke sana," ungkap pria yang juga dikenal sebagai salah satu tokoh masyarakat Tionghoa di Jakarta..

Operasionalisasi proyek itu dijalankan oleh Koperasi Tani dan Nelayan milik FPAB. Jadi, kata Jerry lagi, tujuannya tak semata-mata menjadi bisnis murni. "Proyek ini lahir setelah FPAB melihat sendiri kemampuan ekonomi nelayan Ambon yang sudah di ambang kemiskinan. Padahal perairan Ambon punya kekayaan melimpah. Ini ironis bagi FPAB," jelas pria yang punya nama Mandarin Yek Theng Chin.

Berangkat dari kenyataan itu, lanjutnya, ia dan organisasi bentukannya berinisiatif membantu meningkatkan kemampuan nelayan di sana agar bisa memperbaiki hidup. Satu per satu nelayan itu dirangkul dan diberi pengetahuan serta keterampilan menangkap ikan.

Tak ingin dinilai tanggung-tanggung, Jerry dan FPAB juga menyiapkan sarana teknologi yang dibutuhkan seperti kapal induk bermuatan hingga 50 ton, puluhan speed boat dan peralatan selam. Upaya itu menjadi semakin lengkap karena FPAB juga turut membuka jalur pemasaran hasil laut yang ditangkap.

"Sebelum kami datang, para nelayan di sana maksimal hanya bisa mencari dua ekor ikan kerapu. Satu dimakan sendiri dan satunya dijual dengan harga seadanya ke pasar. Sekarang, puluhan ekor bisa mereka tangkap untuk diekspor langsung ke Hongkong, Singapura, dan beberapa negara lain di Asia. Alhasil, uang yang mereka dapat bisa puluhan kali lipat ketimbang dijual di pasar tradisional setempat," paparnya bangga.

Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/

Reblog this post [with Zemanta]

Related Posts



0 comments:

KomentarMu

 
© Copyright by ONLINE :+:ENTERTAINMENT@2009 ALL RIGHTS RESERVED  |  Template by Blogspot tutorial